Hippocrates Medical Championship 2017

Written by Pubit BEM FK Unud

Wilhelm Johannes | Martin Rinaldi Pasaribu | Putu Risya Sadhu Putra | I Made Cahya Perdana Putra | Ida Ayu Made Gia Cahyani | Izma Tifany

March 16, 2017

XCHMC 2017 merupakan sebuah lomba pengetahuan alam yang mencakup bidang kimia, fisika, biologi, IPA terpadu, dan kedokteran. Ajang perlombaan ini merupakan rangkaian kegiatan  Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK) ke-55 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. HMC 2017 tahun ini mengangkat tema “Veniens Cum Scientia Ad Pristinum Gloria” yang artinya come with science, back wih glory.

Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya siswa siswi SMA sederajat se-Indonesia. Selain itu diharapkan pula, kegiatan ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang memberikan motivasi kepada generasi muda Indonesia agar memiliki daya saing, namun tetap menjunjung tinggi sportivitas yang berlandaskan nilai-nilai budaya. Melalui ajang perlombaan ini generasi muda juga diharapkan mampu berkreasi dan berinovasi dalam mengaplikasikan serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Sadangkan untuk Fakultas Kedokteran sendiri kegiatan ini juga memiliki beberapa tujuan. Meningkatkan kerja sama, kepemimpinan dan keakraban dari angkatan 2016 yang menjadi panitia itu sendiri merupakan salah satunya. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan eksistensi dan “nama” dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana baik dalam tingkat provinsi, regional bahkan internasional. Sehingga kedepannya akan semakin banyak anak tingkat sekolah menengah atas di seluruh Indonesia ingin melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Perlombaan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA, SMK Kesehatan, MA dan yang sederajat se-Indonesia. HMC 2017 Dilombakan berkelompok, dalam satu kelompok terdiri atas 3 orang yang berasal dari satu sekolah yang sama.

Tahun ini, Hippocrates Medical Championship (HMC) 2017 dibagi menjadi 6 regional untuk babak penyisihan, antara lain:

Regional I: Jawa Timur

Regional II: Bali

Regional III: Nusa Tenggara Barat

Regional IV: Sulawesi Utara

Regional V: Sulawesi Selatan

Regional VI: Regional Online yang meliputi daerah di seluruh Indonesia, diluar region yang disebutkan diatas.

Perlombaan ini sendiri terdiri dari 4 babak:

  1. Babak penyisihan yang diselenggarakan tanggal 26 februari 2017
  2. Babak semifinal yang diselenggarakan tanggal 11 maret 2017
  3. Babak final dan grandfinal yang diselenggarakan tanggal 12 maret 2017

Peserta hmc 2017 yang tersebar di seluruh indonesia sejumlah 305 tim, meliputi:

  1. Region Bali 200 tim
  2. Region Sulawesi Utara 55 tim
  3. Region Sulawesi Selatan 20 tim
  4. Region Jawa Timur 15 tim
  5. Region NTB 5 tim
  6. Region online 10 tim

Dari total jumlah peserta ini akan dicari 40 tim yang akan melanjutkan ke babak semifinal, dimana 33 tim merupakan peringkat tertinggi online di 5 region, 5 tim merupakan perwakilan dari masing-masing region dan 2 tim merupakan peringkat tertinggi di region online.

Kemudian dalam babak semifinal akan dipilih 15 tim terbaik yang akan melanjutkan ke babak final, dan kemudian akan dipilih 5 tim untuk melaju ke babak grand final dan akan menentukan juara HMC 2017

Selain juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1 dan harapan 2, juga ada beberapa juara tambahan, antara lain:

  1. Juara tim terbanyak
  2. Best Biology
  3. Best physic
  4. Best chemistry
  5. Best diagnosis
  6. Juara masing-masing regional

Postingan Terkait…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.