ADA APA DI TANGGAL 4 FEBRUARI?

Written by Pubit BEM FK Unud

Putu Risya Sadhu Putra | Stephanie Violina Theobald | Vidya Aditi Sudana | Gabriel Raja Putra Utama | Tyas Parahita Wirawan | Putu Ayu Khana Drupadi

February 4, 2016

AlogoDA APA DI TANGGAL 4 FEBRUARI?

number_4_outlineHari ini banyak komunitas –  komunitas, perguruan tinggi, dan organisasi lainnya yang menyerukan sebuah peringatan terhadap penyakit yang masih menjadi radang dan menjadi hal yang sangat menakutkan bagi Dunia. Masyarakat yang menderita penyakit ini sering sekali merasa putus asa karena merasa penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Penyakit tersebut adalah kanker. hari ini semua aktivis dan organisasi kesehatan serta masyarakat menundukkan kepala untuk mengingat para pengidap kanker yang gugur dalam pertarungan melawan penyakitnya. Serta mengangkat tangan bersama untuk ikut menjaga diri sendiri dan orang lain dari penyakit ini. (WHO, 2005)

 

TAHUKAH ANDA APA ITU KANKER?

Menurut WHO, kanker adalah pertumbuhan sel – sel baru secara tidak normal yang tumbuh melampaui batas normal, dan yang kemudian dapat menyerang bagian sebelah tubuh dan kemungkinan besar dapat menyebar ke organ lain. (WHO, 2009) Menurut National Cancer Institute (NCI) Amerika Serikat jenis kanker yang menjadi penyebab kematian utama dari penderita antara lain, kankerpayudara, kankerhati, kanker paru-paru, kankerprostat, dan kanker darah. (NCL, 2009) Kanker juga mendapat julukan sebagai silent killer karena dapat timbul dan memburuk tanpa tampilan fisik yang jelas dan sering kali disaat tampilan fisik timbul kanker sudah berada pada stadium lanjut.

BERAPA BANYAK PENGIDAP KANKER DI INDONESIA?

Pada data tahun 2013 oleh Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI bahwa penderita penyakit kanker pada 34 provinsi semua umur adalah 347.792 atau sekitar 1.4% dari jumlah penduduk saat itu. Kanker yang paling banyak diderita dapat dilihat menurut jenis kelamin pada wanita kanker payudara dan pada laki – laki kanker paru. (PusdatinkemenkesRI, 2013)

 

APAKAH KANKER BISA SEMBUH? BAGAIMANA CARANYA?2

Pada dunia kedokteran, disaat kita menemukan pasien kanker kesembuhan tidak bisa dijamin. Para dokter akan mengatakan “angka harapan hidup” yang artinya pada umumnya hidup pasien dengan kondisi yang sama berapa tahun tetapi tidak menutup kemungkinan hidup pasien lebih lama dari angka harapan hidup. Semakin tinggi tingkat kanker akan semakin kecil angka harapan hidupnya.  hingga saat ini yang masih menjadi masalah di Indonesia adalah ketika pasien datang pada tingkat kanker lanjut yaitu 3 dan 4, karena angka harapan hidup akan menjadi kecil sekali.

APAKAH TIDAK ADA YANG BISA KITA LAKUKAN?

Tentunya ada banyak hal yang kita bisa lakukan tapi hal – hal ini adalah bentuk pencegahan terhadap kanker. Penyebab dari kanker belum bisa dipastikan sehingga secara umum pencegahan kanker berkaitan dengan gaya hidup pribadi masing – masing, ada beberapa cara mencegah penyakit ini.

Menjaga pola makan yang sehat, seperti :

3             – Mengatur komposisi makanan

             – Kurangi konsumsi daging merah dan olahan

– Seri ng minum teh hijau dan makan buah beri

– Kurangi konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih

– Kurangi konsumsi gula dan garam

– Olah makanan secara tepat, dan

– Tidak MEROKOK

 

45

 

Tidur yang cukup, minimal 8 jam sehari                             Olahraga yang teratur

6

Pemeriksaan kesehatan secara rutin, seperti :

  • Pemeriksaan darah untuk mendeteksi tingkat alfaprotein (AFP) dalam darah 2 kali setahun

Pada beberapa jenis kanker memiliki sarana pencegahan yang spesifik, seperti :

  • Pemeriksaan payudara sendiri dengan teknik “Sadari”
  • Pemeriksaan payudara dengan USG (umur <40) dan Mammografi (>40)
  • Pemberian vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks

(Y. Mangan, 2009)

 

Masih banyak cara menjaga diri dari kanker, tapi dibutuhkan keinginan dan komitment dari diri sendiri untuk hidup sehat. Tidak dapat dipastikan kapan dan siapa yang akan terkena kanker jadi marilah kita jaga diri kita dan dukung saudara – saudara para penderita kanker untuk terus semangat karena hidup siapa yang tahu kapan kita datang dan kembali.

 

SELAMAT HARI KANKER SEDUNIA

” Together We Fight Cancer by Growing Up Empathy”

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Dehebra.Lima jenis kanker mematikan, 2015. [disses pada: 28 Jan 2016] Tersedia di:

www.dehebra.com

Kemenkes RI.hilangkan mitos tentang kanker 2014[diakses pada: www.depkes.go.id]

NJ Ye: kanker, 2011. [di akses pada 27 Jan 2016], Tersedia di: repository.usu.ac.id

Mangan. Y: Solusi sehat mencegah dan mengatasi kanker, 2009.

 

 

Postingan Terkait…

MYTH Busters Covid-19

MYTH Busters Covid-19

MYTH BUSTERS COVID-19 Haloo Laskar Hippocrates FK Unud Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan yang...

read more