Upgrading Bersama BEM-HM FK UNUD 2015

February 25, 2015

1424821031131

Upgrading Bersama merupakan kegiatan pelatihan pengurus tahunan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang diselenggarakan secara bersamaan oleh Himpunan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa. Upgrading Bersama dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja para pengurus Lembaga Mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa serta Himpunan Mahasiswa (PSPD, PSIK, Psikologi, IKM, Fisioterapi, dan PSPDG) melalui berbagai pembekalan materi serta kegiatan untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri diantara peserta dari acara ini, yaitu seluruh pengurus Lembaga di lingkungan FK.

Pada tahun 2015, Upgrading Bersama dengan tema “Get the Knowledge and Be Ready to Duty” diselenggarakan pada Minggu, 22 Februari 2015 bertempat di areal FK Unud. Kegiatan dibagi ke dalam 2 acara, pertama adalah Upgrading Bersama seluruh Lembaga Mahasiswa, dan acara kedua adalah Upgrading masing-masing Lembaga Mahasiswa.

Upgrading Bersama Seluruh Lembaga Mahasiswa

Upgrading Bersama 2015 dimulai pada pukul 08.00 WITA di Ruang Kuliah 4.01 – 4.02 Gedung FK yang diikuti oleh 255 peserta dari HM dan BEM. Upgrading diawali dengan laporan dari Ni Ketut Cintya Riska Prathiwi selaku PIC kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Made Wirga Wirgunatha selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, dan akhirnya acara dibuka oleh Bapak I Wayan Suteja selaku perwakilan Pembantu Dekan III. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi I oleh Ketua BEM dengan Materi Visi Misi,  materi II oleh Sekretaris I BEM – Luh Gede Kumala Ratih dengan Materi Kesekretariatan, dan materi III oleh Bendahara I BEM – Ni Made Mega Ratih Pratiwi dengan Materi Kebendaharaan. Masing-masing pemberian materi dan tanya jawab dilaksanakan selama 60 menit. Setelah pemberian materi selesai, peserta dipersilahkan untuk pergi ke ruangan masing-masing untuk melanjutkan upgrading dari masing-masing lembaganya.

Upgrading Masing-Masing Lembaga Mahasiswa – Upgrading BEM

Upgrading BEM 2015 diikuti oleh 55 orang pengurus BEM, bertempat di Ruang Kuliah 4.01 – 4.02 Gedung FK. Kegiatan upgrading terdiri dari presentasi masing-masing departemen mengenai Rancangan Pengembangan Departemen (RPD), Motivasi, dan Outbond. Sebelum presentasi RPD dimulai, acara diawali dengan melakukan Ice Breaking untuk meningkatkan semangat peserta upgrading. Presentasi RPD dan tanya jawab sesi pertama dilakukan oleh 5 departemen, yang kemudian diselingi istirahat makan siang, dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi 5 departemen selanjutnya. Dalam presentasi tiap departemen tidak hanya serius membahas RPD masing-masing tapi juga diselingi dengan penampilan jargon tiap departemen sehingga suasana dapat lebih santai dan kekeluargaan. Pembicara dalam kegiatan Upgrading BEM 2015 tidak hanya dari kalangan mahasiswa FK. Dengan mengundang Ibu Luh Kadek Pande Ary, S.Psi, M.Psi, inovasi pada Upgrading kali ini dilakukan melalui penambahan Materi Motivasi ke dalam salah satu susunan acara. Hal ini diharapkan dapat memberi motivasi dan membantu menganalisis masalah peserta Upgrading mengenai keorganisasian dan waktu, sehingga nantinya dapat lebih produktif.

Kegiatan terakhir dalam upgrading adalah outbond yang dilaksanakan di lapangan parkir timur. Peserta yang sebelumnya telah dibagi dalam 4 kelompok berlomba untuk memenangkan permainan yang dilaksanakan di dalam 3 pos. Tujuan utama dari outbond bukanlah merebut hadiah, tetapi meningkatkan kerja sama tim serta mengakrabkan setiap peserta. Upgrading 2015 akhirnya ditutup dengan doa dan foto bersama peserta dan panitia kegiatan.

14248210281811424821025986

Postingan Terkait…