SEMINAR DAN LOKAKARYA PENYULUHAN (SEMILOKA) 2014

December 20, 2014

KMPA FK UNUD – BEM FK UNUD

 

Kegiatan Seminar dan Lokakarya Penyuluhan merupakan hal rutin yang dilakukan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia BEM FK Unud bersama Kelompok Mahasiswa Peduli AIDS FK Unud dalam menjalakan misi yang sama untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggotanya untuk menjadi agen-agen terdepan dalam menyampaikan informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai informasi kesehatan.

Pada tahun 2014 ini, Seminar dan Lokakarya Penyuluhan dengan tema “Learn How to be a Good Speaker and Let Your Voice be Heard” dilaksanakan selama dua hari di lingkungan FK Unud. Hari pertama tanggal 29 November 2014 adalah seminar dengan 3 pembicara dan hari kedua tanggal 6 Desember merupakan lokakarya (simulasi penyuluhan) yang nilai oleh 6 orang juri. Peserta yang terlibat adalah dari calon anggota KMPA sebanyak 179 orang dan anggota magang BEM yang berjumlah 40 orang. Pada lokakarya, peserta dibagi kedalam 37 kelompok.

 

Sabtu, 29 November 2014

Kegiatan Seminar dan Lokakarya Penyuluhan 2014 diawali dengan acara seminar pada hari Sabtu, 29 November 2014 di gedung IKM FK Unud lantai 4. Registrasi peserta dan undangan dimulai pukul 08.00 – 08.40 WITA yang dilaksanakan oleh sie kesekretariatan dan sekretaris, selain itu di meja registrasi juga ada bendahara untuk melayani pembayaran tiket on the spot, dan sie ilmiah yang membagikan print out materi seminar. Peserta yang menghadiri seminar sebanyak 91 orang yang terdiri dari 83 orang calon anggota KMPA FK Unud dan 8 orang anggota magang BEM FK Unud.

Pembukaan Seminar dan Lokakarya Penyuluhan 2014  secara resmi dibuka oleh perwakilan Ketua BEM yang diwakili oleh Komang Dhyanayuda. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi 1 – Media Publikasi pada Penyuluhan oleh Komang Dhyanayuda, pemberian materi 2 – Penyuluhan oleh dr. Ni Luh Putu Ariastuti, MPH, dan materi 3 – Get Speaking Now oleh Luh Putu Feby Sriandari. Seminar interaktif dilakukan untuk melibatkan partisipasi peserta melalui tanya jawab maupun pemberian contoh materi yang dimaksud, dan dísela-sela pemberian materi, panitia membagikan snack bagi para peserta agar tetap semangat mengikuti seminar. Setelah pemberian materi selesai, dilakukan menyerahan piagam kepada pembicara dan makan siang bersama. Pada pukul 12.30 WITA dilanjutkan dengan pemberian pengumuman dan pembagian kelompok beserta topik penyuluhan masing-masing (dibagi menjadi 37 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 hingga 7 orang) untuk kegiatan lokakarya yang selanjutnya akan dilaksanakan. Hari pertama Seminar dan Lokakarya Penyuluhan 2014  ditutup pada pukul 13.00 WITA dengan doa.

Sabtu, 6 Desember 2014

Hari kedua Seminar dan Lokakarya Penyuluhan 2014 dilaksanakan di gedung Psikologi FK Unud. Terdapat sedikit kendala pada ruangan yang akan digunakan seperti tempat yang sedikit berantakan dan beberapa alat yang diperlukan seperti proyektor dan mic tidak tersedia, tapi kendala tersebut dapat teratasi dengan kerjasama panitia. Registrasi panitia dan juri dilakukan dari pukul 08.30 – 09.00 WITA. Setelah melakukan registrasi, peserta diarahkan menuju ruangannya masing-masing sesuai oleh sie keamanan. Waktu regristrasi diperpanjang untuk memfasilitasi beberapa peserta yang baru bisa datang karena sebelumnya mengikuti acara lain. Total jumlah peserta yang hadir pada lokakarya sebanyak 29 orang yang terdiri dari  24 orang calon anggota KMPA FK Unud dan 5 orang anggota magang BEM FK Unud.

Acara lokakarya dimulai pada pukul  09.00 WITA yang diawali dengan doa dan perkenalan para juri. Pada lokakarya, setiap kelompok melakukan simulasi penyuluhan dengan media, materi, dan bahasa yang telah ditentukan sebelumnya. Waktu pelaksanaan kegiatan dikoordinir oleh sie acara, penilaian dilakukan oleh 6 orang juri, dan perekapan nilai dilakukan oleh sie ilmiah untuk mendapatkan peserta dan kelompok terbaik di setiap ruangan. Ruangan yang digunakan adalah dua dari tiga ruangan yang rencananya akan digunakan, untuk mengefisiensikan tenaga dan waktu akibat jumlah peserta yang hadir sedikit. Sambil menunggu perekapan nilai, pada pukul 12.00 WITA dilakukan makan siang bersama. Pukul 12.15 WITA diumumkan dan dilakukan penyerahan hadiah peserta dan kelompok terbaik, serta pemberian piagam kepada juri.

Pada pukul 12.30 WITA, dilakukan pemberian pengumuman tentang tugas pengganti bagi para peserta yang tidak hadir baik disalah satu acara maupun keduanya untuk mendapatkan piagam tanda mengikuti kegiatan. Setelah melakukan penutupan dengan doa, peserta dituntun meninggalkan gedung oleh sie keamanan, dan panitai melaksanakan bersih-bersih hingga pukul 13.00 WITA

 

Dokumentasi Kegiatan

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

Postingan Terkait…