Press Release HMC 2013

March 24, 2013

Sampai saat ini, Hippocrates Medical Championship sudah menginjak pada tahun ke-13. Dalam setiap kegiatannya, Hippocrates Medical Championship selalu mengangkat tema yang berbeda dari tahun ke tahun dan disesuaikan dengan apa yang telah terjadi pada saat tahun tersebut. Pada tahun 2013 ini, Hippocrates Medical Championship dilaksanakan dengan tema “Scientia ad Negotia Faciens Verae Res” yang berarti “Science Will Make Everything Possible by an Effort”diharapkan pada umumnya dunia dan generasi muda pada khususnya akan mampu mewujudkan segala cita-cita yang diinginkan dengan pengetahuan yang dimilikinya. Tema ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan eksistensi ilmu pengetahuan yang merupakan pondasi dari sendi-sendi kehidupan yang dapat mendorong terjadinya perubahan maupun kemajuan. Sehingga generasi muda akan terpacu untuk terus berusaha menggali ilmu pengetahuan dan kebenaran serta mengaplikasikannya demi kebaikan kehidupan manusia dan cita-citanya ke depan. Mengingat seiring berjalannya waktu ilmu pengetahuan yang ada di dunia akan terus mengalami perkembangan. Mulai dari keterbatasan manusia untuk mengolah ilmu pengetahuan dan mengaplikasikannya hingga menjadi sesuatu yang mengubah peradaban dunia.

Pada Hippocrates Medical Championship yang ke-13, kegiatan Technical Meeting babak penyisihan diselenggarakan serentak di keenam regioal yaitu pada tanggal 3 Februari 2013. Babak penyisihan nya sendiri dilaksanakan pada hari Minggi, 3 Februari 2013 pukul 09.00 WITA dan hasilnya diumumkan pada pukul 15.00 WITA. 30 tim yang telah lolos dibabak penyisihan, kemudian mengikuti babak semifinal yang dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Februari 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar pada pukul 08.00 WITA. Kemudian dari 30 tim terpilihlah 5 tim yang bersaing di babak final untuk memperebutkan predikat sebagai juara 1 hingga juara harapan 2. Babak final dilaksanakan sesaat setelah pengumuman 5 tim yang dinyatakan lolos ke babak final.

Mekanisme dalam setiap babak dirancang berbeda oleh panitia yang bertugas. Babak Penyisihan berlaku sistem tes tulis dimana seluruh tim mengerjakan 120 soal dengan rincian, 35 soal fisika, 35 soal kimia, 35 soal biologi dan 15 soal IPA terpadu dengan waktu 120 menit. Bobot penilaian yang dipakau adalah benar +4, salah -1, dan tidak menjawab 0.  Babak Semifinal berlaku sistem rally campus dimana terdiri dari 16 pos dengan perincian sebagai berikut: 9 pos IPA terpadu, 4 pos diagnosis, 1 pos istirahat, 1 pos eksperimen dan 1 pos bonus keliling. Setiap tim akan menjawab soal-soal yang ada pada setiap pos dengan waktu yang telah ditentukan panitia. Gebrakan baru yang dilakukan pada panitia Hippocrates Medical Championship 2013 adalah adanya pos eksperimen yang belum pernah ada pada kegiatan Hippocrates Medical Championship ditahun sebelumnya. Selanjutnya pada Babak Final terdiri dari 4 sub-babak yanitu : babak presentasi, babak amplop, babak rebutan, dan babak games. Hasil dari keempat babak tersebut akan diakumulasikan sehingga mendapatkan hasil sebagai berikut :

 

  1. Juara 1                    : SMA Negeri 4 Denpasar
  2. Juara 2                    : SMA Negeri 4 Denpasar
  3. Juara 3                    : SMA Negeri 3 Yogyakarta
  4. Juara Harapan 1 : SMA Negeri 1 Tabanan
  5. Juara Harapan 2 : SMA Negeri 4 Denpasar

Postingan Terkait…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.