Gambaran penerimaan mahasiswa baru (OPEN HOUSE FK UNUD)

March 23, 2013

Bagi yang penasaran yang ingin mengetahui bagaimana cara masuk sebagai mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan belum sempat mengikuti acara Open House yang berlangsung beberapa bulan lalu, berikut adalah hasil penyampaian dari pihak FK UNUD pada saat pemberian informasi mengenai FK UNUD.
 Dimulai dengan pemutaran video dan selanjutnya pemeberian informasi mengenai FK UNUD dimana  Moderator : Prof. Mangku Karmaya:
Di FK untuk S1 terdapat 5 Program Studi yaitu : Program Studi Pendidikan Dokter Program Studi Ilmu Keperawatan Program Studi Psikologi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Fisioterapi Serta Program Studi Kedokteran Gigi yang segera akan dibuka.

Untuk S2 terdapat Program Pasca Sarjana dan Program Dokter Spesialis. Daya tampung masing-masing Program Studi S1 Pendididkan Dokter : 200 orang PSIK A : 74 orang (tahun 2012 diumumkan 84 orang termasuk cadangan) B : 20-40 orang IKM A : 90 orang B : 23-40 orang Psikologi : 60-65 orang Fisioterapi A : 40 orang B : 10 orang

Menerapkan kurikulum KBK , yaitu sistem belajar adult learning, dimana mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dan dapat saling berdiskusi dalam hal materi kuliah yang diberikan.

Untuk Pendidikan Dokter, setelah menerima gelar dokter mengikuti internship selama 1 tahun.

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2013:
Konsep dari pemerintah SNMPTN 2013, jika tidak lolos masih ada Seleksi bersama (SBMPTN), jika tidak lolos masih ada Seleksi local (PMDK)    

SNMPTN :  
a. Bersifat nasional, secara online   
b. Di seleksi di pusat, Fakultas tidak terlibat
c. Yang menjadi pertimbangan : nilai rapot, prestasi, dan nilai Ujian Nasional

SBMPTN :
a. melalui Ujian Tulis  

Kuota yang diterima berdasarkan jalur masuk SNMPTN 2013 : 50 % SBMPTN : 30 % (kecuali untuk PSPD: 36 orang) PMDK : 20 % (kecuali PSPD 24 orang, 40 orang lagi dari siswa Malaysia)

Nilai ekstrakurikuler, juara olimpiade, OSIS : bobot 10%

Ada 2 jalur :  
– Jalur Akademik  
– Jalur olahraga (memiliki 10 prestasi / lebih)

Biaya kuliah untuk PSPD : 7 juta tiap semester. Untuk program studi lainnya lebih rendah sekitar 2-3 juta. SMK Kesehatan boleh masuk FK ,Penerimaan untuk Kedokteran Gigi ditunda dulu. Untuk siswa yang mengikuti kelas internasional dapat mengikuti jalur undangan dan tulis. Jika ingin mengikuti PMDK nilainya harus disetarakan terlebih dahulu. Karena kelas internasional menggunakan sistem nilai abjad sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru di FK menggunakan sistem nominal.

Semua info tentang Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2013 akan di posting di
www.fkunud.ac.id

Postingan Terkait…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.