Hasil Babak Penyisihan HMC 2011 + Teknis Semifinal dan FINAL

February 6, 2011

Hasil dari babak penyisihan beserta teknis semifinal HMC 2011 dapat dilihat sebagai berikut:

Download:

Rekap Penilaian Penyisihan HMC 2011 Region Bali

Daftar Semifinalis HMC 2011

SISTEM PERLOMBAAN DAN PERATURAN BABAK SEMIFINAL

DAN FINAL HIPPOCRATES MEDICAL CHAMPIONSHIP 2011

Babak Semifinal

a.       Babak semifinal akan diikuti oleh 30 tim yang merupakan peserta yang lolos dari babak penyisihan

b.      Babak semifinal menggunakan sistem rally campus dimana terdapat 14 pos yang akan menjadi tempat para tim untuk menjawab soal yang diberikan.

c.       Dari 14 pos yang akan dituju dapat dibagi menjadi 8 pos IPA, 4 pos diagnosis, 1 pos bonus, dan 1 pos istirahat.

d.      Pada pos IPA terdapat 3 jenis soal, yakni soal fisika, kimia, dan biologi, sedangkan pada pos diagnosis hanya terdapat 1 soal.

e.       Pada saat lomba setiap tim akan diberi denah lokasi tiap pos.

f.        Satu pos berisi 2 atau 3 tim.

g.       Peserta boleh memasuki pos yang mana saja terlebih dahulu, tidak ada aturan mengenai urutan masuk pos.

h.       Panitia penjaga pos akan  memberi tanda berupa bendera hijau untuk pos yang kosong dan bendera merah untuk pos yang telah terisi penuh.

i.         Tipe soal untuk tiap pos sama untuk kedua tim.

j.        Setiap tim akan diberikan lembar soal dan lembar jawaban oleh panitia sebelum memulai babak semifinal.

k.      Pos istirahat adalah pos pada babak semifinal yang digunakan para peserta untuk beristirahat.

l.         Peserta tidak diperbolehkan untuk membawa kertas buram untuk coretan, coretan dikerjakan dibelakang lembar jawaban.

m.     Setiap tim diperbolehkan membawa satu buah kalkulator, namun tidak diperkenankan untuk menggunakan kalkulator pada handphone.

n.       Alokasi untuk menyelesaikan semua pos adalah 2,5 jam.

o.      Tidak ada aturan durasi untuk menjawab soal pada tiap pos.

p.      Setiap tim hanya diperbolehkan untuk menjawab soal pada tiap pos apabila anggotanya sudah lengkap hadir pada pos tersebut.

q.      Penilaian/skor untuk masing-masing soal disesuaikan berdasarkan tingkat kesukaran soal.

r.        Pos bonus terdiri dari dua orang panitia yang dimana selalu berpindah dari lantai ke lantai selama 15 menit.

s.       Urutan perpindahan pos pada tiap lantai adalah 1-2-3-4-3-2-1-2-3 …. Dst.

t.        Pos bonus adalah pos terakhir pada babak semifinal dimana setelah meninggalkan pos ini tim tersebut dianggap telah selesai mengikuti lomba. Di pos bonus peserta harus menebak apa jawaban yang di maksudkan berdasarkan kata kunci yang telah di dapat.

u.       Untuk mendapatkan kata kunci, peserta harus menyelesaikan soal dengan waktu kurang dari 10 menit.

Catatan :

Sehubungan dengan pelaksanaan semifinal dan final Hippocrates Medical Championship 2011 yang diadakan pada hari yang sama, sebagai persiapan untuk tim yang akan lolos ke final, maka masing-masing tim diharapkan membuat sebuah presentasi yang nantinya akan dipresentasikan oleh tim tersebut apabila tim tersebut lolos ke final.

Presentasi mengambil tema “Pneumonia” yang berisikan tentang:

1.      Definisi Pneumonia

2.      Epidemiologi

3.      Etiologi

4.      Faktor resiko

5.      Patogenesis

6.      Penatalaksanaan

Apabila masih terdapat pertanyaan terhadap teknis lomba pada saat semifinal dan final dapat menghubungi Contact Person : Nurindah (081805650421)

Peraturan FINAL

PERATURAN DAN MEKANISME BABAK FINAL HIPPOCRATES MEDICAL CHAMPIONSHIP 2011

1.       Babak final diikuti oleh lima tim yang telah berhasil lolos babak semifinal dengan 5 nilai tertinggi

2.       Babak final diawali dengan presentasi masing masing tim dengan tema yang telah diberikan pada waktu technical meeting semifinal

3.       Setiap tim diberikan waktu 10 menit untuk menjelaskan isi presentasi dan 10 menit untuk sesi Tanya jawab. Setiap peserta harus mendapatkan proporsi yang sama dalam membawakan bahan presentasi.

4.       Penilaian presentasi akan sepenuhnya berada di tangan dewan juri dan nilai yang terkumpul akan diakumulasikan sebagai modal untuk babak selanjutnya.

5.       Setelah presentasi , final akan dilanjutkan dengan menjawab soal amplop di mana masing masing tim akan memilih satu buah amplop berisi 12 soal yang terdiri atas 4 soal biologi, 4 soal fisika dan 4 soal kimia.

6.       Masing masing tim akan dibacakan soal dalam amplop tersebut dengan alokasi waktu 5 menit, termasuk menjawab pertanyaan.

7.       Setiap pertanyaan yang berhasil dijawab akan mendapatan nilai seratus tanpa ada pengurangan nilai.

8.       Apabila peserta merasa tidak mampu menjawab pertanyaan, maka peserta dapat mengatakan ‘pas’ dan pertanyaan akan diulang lagi jika masih terdapat sisa waktu. Tetapi apabila peserta menjawab dan salah, maka pertanyaan tidak dapat kami ulangi.

9.       Selanjutnya adalah choosing letter, pada babak ini peserta diwajibkan untuk memilih satu huruf yang tersedia pada layar.

10.   Pada layar akan tertera jenis soal ( kimia, fisika, biologi, klinis) dan nilai yang akan didapat bagi masing masing peserta jika berhasil mejawab pertanyaan tersebut.

11.   Pada tahap ini peserta diwajibkan untuk memilih satu dari tiga system yang ada, yakni half, double dan tidak menjawab.

12.   Jika peserta memilih double, maka peserta akan mendapatkan nilai sebesar dua kali lipat nilai yang tertera , dan sebaliknya jika peserta tersebut salah

13.   Jika peserta memilih system half, maka peserta akan mendapatkan nilai sesuai nilai yang tertera jika berhasil menjawab pertanyaan dan berhak mengurangi nilai kelompok lain sebanyak setengah dari nilai tersebut. Sebaliknya, apabila salah, maka nilai akan dikurangi sebanyak dua kali .

14.   Jika peserta telah sebelumnya memilih half dan double, dan salah, maka pertanyaan akan menjadi rebutan dengan ketentuan nilai yang diperoleh sama dengan nilai normal dan jika salah akan dikurangi nilai normal juga.

15.   Apabila peserta memilih untuk tidak memilih, maka pertanyaan akan diperebutkan oleh semua kelompok dengan konsekuensi pengurangan nilai sebanyak satu kali nilai yang tertera. Selanjutnya soal akan menjadi soal rebutan dengan penambahan nilai 1 x nilai jika benar dan pengurangan  1 x nilai jika salah.

16.   Pada babak terakhir akan diisi dengan babak gambling di mana akan ada satu soal kompleks yang harus dijawab dengan alokasi waktu menjawab 10 menit .

17.    sebelum pertanyaan dibacakan/ ditampilkan, maka peserta diwajibkan untuk memperlihatkan nilai yang siap dipertaruhkannya. Nilai minimal adalah ¼ ( seperempat) dari nilai akumulasi terakhir.

18.   Selanjutnya peserta akan diberikan waktu untuk mendengarkan soal selama 3 menit dan waktu pengerjaan akan dimulai berbarengan dengan alokasi waktu 10 menit penuh untuk pengerjaan soal gambling.

19.   Peserta tidak diperkenankan membawa kalkulator ketika babak final berlangsung.

20.   Pada sesi selain presentasi, benar atau salahnya jawaban peserta akan ditentukan oeh juri yang telah dipilih dari pihak panitia, dan peserta berhak bertanya seandainya jawaban tersebut dirasa belum memuaskan

NB: Apabila ada yang kurang jelas dapat menghubungi CONTACT PERSON : Nurindah (081805650421)

Postingan Terkait…

2 Comments

  1. Princess StrawBerriez

    Kapan peraturan babak semifinalnya di-upload kak? 😀

  2. Edmosphere

    Sudah diupload, bisa dilihat di atas 😀

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.