Pra – Konferensi

September 16, 2010

Indonesia Model United Nations (IndonesiaMUN) 2010

Pra-Konferensi

Panitia IndonesiaMUN 2010 akan menyelenggarakan Konferensi IndonesiaMUN 2010 pada tanggal 23-27 Oktober 2010 di Universitas Indonesia, Depok. Selama lima hari, peserta akan mengikuti rangkaian registrasi, workshop, social events, dan simulasi sidang PBB. Acara ini akan diikuti oleh 165 delegasi terpilih yang berasal dari berbagai universitas se-Indonesia dan sejumlah mahasiswa dari negara-negara ASEAN, serta dihadiri oleh perwakilan PBB.

Tiap delegasi akan berperan mewakili sebuah negara yang sudah ditentukan, di mana negara-negara tersebut terbagi dalam tiga komite, yaitu General Assembly (GA), ASEAN Regional Forum (ARF), dan United Nations Security Council (UNSC).

Workshop pada rangkaian nanti berbeda dengan workshop yang telah diselenggarakan sebelumnya. Jika pada workshop sebelumnya para delegasi disuguhkan seminar dan pelatihan mengenai PBB dan Model UN secara umum, maka kini delegasi akan diberikan materi yang lebih mendalam sesuai dengan topik masing-masing komite. Metode Focus Group Discussion (FGD) juga akan diterapkan agar para delegasi lebih memahami prosedur dan teknis dari jalannya konferensi nanti.

Untuk lebih merasakan atmosfir diplomasi internasional, para delegasi akan diajak ke dalam kegiatan UN Day yang diselenggarakan oleh United Nations Information Center – Jakarta, yaitu perayaan ulang tahun PBB ke-65. Di acara ini, delegasi akan bertemu dengan duta besar, diplomat, dan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Panitia juga akan menyelenggarakan Cultural Night bertema etnik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI). Kegiatan ini digelar untuk mengakrabkan para delegasi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada puncaknya, Konferensi IndonesiaMUN yang bertema Challenging Future Challenges: Bringing Diplomacy Forward akan digelar di tiga tempat, yaitu Balai Sidang UI (GA), AJB FISIP UI (ARF), dan Gedung Komunikasi FISIP UI (UNSC). Delegasi harus melakukan riset awal mengenai kebijakan negara yang diwakilkan terhadap tema komite. Di sini, mereka akan mempraktikkan kemampuan berdiplomasi dan melobi hingga sampai pada satu kesepakatan bersama yaitu resolusi.

Rangkaian kegiatan akan diakhiri dengan upacara penutupan dan pemberian penghargaan bagi delegasi terbaik.

Konferensi IndonesiaMUN adalah simulasi konferensi PBB tingkat universitas yang pertama diselenggarakan di Indonesia. Delegasi yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah 165 mahasiswa terpilih dari 950 pendaftar dari seluruh Indonesia. Panitia telah melakukan seleksi ketat meliputi penilaian esai yang ditujukan ke Sekjen PBB Ban Ki-Moon dengan tema “How Could UN Contribute to Promote the Peaceful Use of Nuclear, pengetahuan, serta pengalaman pendaftar mengikuti kegiatan diplomatik dan Model UN.

Info Lengkap kunjungi: www.indonesiamun.org

Postingan Terkait…