GAMBARAN KEGIATAN

STUDENT DAY FAKULTAS KEDOKTERAN 2019

UNIVERSITAS UDAYANA

 

I.  Latar Belakang
Perguruan Tinggi adalah lembaga pendidikan yang mengemban amanah untuk mencetak sumber daya manusia yang berkarakter, cakap ilmu dan dapat menjadi agen perubahan sosial. Mahasiswa yang merupakan generasi penerus yang berintelektual dan berkarakter adalah orang yang diharapkan mampu menjadi pemimpin-pemimpin yang membawa perubahan ke arah lebih baik di masa depan. Untuk mencapai hal itu maka mahasiswa memerlukan karakter, kemampuan berfikir kritis, dan tentunya kepekaan sosial yang baik sehingga mampu menjadi pegangan dalam setiap pilihan yang akan dilaksanakan.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam menjalankan perannya sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa yang nantinya akan terjun pada bidang kesehatan tidak hanya memerlukan kemampuan yang baik dalam hal akademik atau dalam menyediakan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat, namun harus juga diimbangi oleh karaketer diri juga landasan pemikiran dan tindakan yang baik dan benar. Karakter unggul, mandiri dan berbudaya adalah karakterkarakter yang harus mampu ditumbuhkan oleh setiap mahasiswa FK Unud dalam kesehariannya, karakter-karakter ini akan menjadi pedoman hidup yang kuat dalam diri masing-masing mahasiswa. Landasan tri dharma perguruan tinggi yang sudah turun temurun menjadi landasan dalam pendidikan kita ini akan menjadikan setiap mahasiswa FK Unud mempunyai pijakan yang terarah dalam menentukan tindakannya. Oleh karena itu, pembinaan kemahasiswaan di Universitas udayana khususnya di Fakultas Kedokteran bertujuan untuk menunjang dan memfasilitasi hal tersebut. Pembinaan tidak hanya dilaksanakan selama 1 atau 2 hari namun berkelanjutan yang mengarah pada pendidikan karakter dan menanamkan landasan serta keseimbangan antara Hard Skill dan Soft Skill sehingga mahasiswa FK Unud nantinya mampu mengembangkan dirinya dengan karakter dan landasan yang baik dalam mencapai kesuksesan.

Berdasarkan hal di atas, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memfasilitasi mahasiswa baru tahun 2019 untuk mengembangkan hal-hal tersebut dalam Student Day Fakultas Kedokteran Unud 2019 sehingga nantinya akan tercipta mahasiswa yang memiliki karakter unggul, mandiri dan berbudaya serta menjadikan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat) sebagai landasan dalam kesehariannya

II.  Tema
“Membentuk mahasiswa berkarakter, pemikir kritis, dan berpedoman pada tridharma perguruan tinggi.”
III.  Tujuan
1.         Memberikan pengenalan kehidupan kampus baik kehidupan akademis maupun non akademis sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

2.         Merupakan tonggak awal pembinaan karakter mahasiswa dan memberikan tonggak landasan untuk kehidupan kampus mahasiswa baru selanjutnya.

3.        Menumbuhkan rasa kebersamaan, tenggang rasa, toleransi, hormat – menghormati, etika dan sopan santun mahasiswa baik inter dan antar program studi, serta antara mahasiswa dengan warga fakultas lainnya. Mengantarkan mahasiswa menemukan jati dirinya yang memiliki beragam kelebihan dan kekurangan yang patut dikelola untuk peningkatan kualitas serta mempersiapkan mahasiswa baru untuk dapat menjadi bagian dari masyarakat intelektual yang ingin dibangun melalui perguruan tinggi.

IV.  Bentuk Kegiatan
Kegiatan Student Day 2019 akan diisi dengan kegiatan – kegiatan berupa :

1.            Pemberian materi mengenai sikap sebagai mahasiswa kedokteran (karakter), pentingnya organisasi bagi mahasiswa (soft skill), dasar-dasar dalam melakukan komunikasi kepada masyarakat (Pengmas), dan pelatihan pembuatan PKM.

2.            Pengenalan seluruh lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran Universtas Udayana.

3.            Pengenalan mahasiswa semua jurusan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dari angkatan 2015 sampai 2018. 

 

 

LOGO SDFK Unud 2019

ARTI:

1. Tongkat Hermes terdiri dari 2 ular yang melilit bersama dengan makna antar panitia dan mahasiswa baru dapat terbentuk ikatan yang kuat kedepannya. Sayap yang berjumlah enam melambangkan enam Program Studi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana yang bersinergi sebagai tenaga kesehatan untuk terbang berdampingan dimasa depan.
2. Warna emasbermakna prestasi, kesuksesan dan kemakmuran layaknya benda emas yang sangat bernilai. Warna hijaubermakna kedamaian dan penyembuhan yang melambangkan sebagai garda terdepan untuk menciptakan kedamaian dan mampu menyembuhkan permasalahan kesehatan di masyarakat.
3. Logo Angkatan Catur Mandala yaitu 4 bagiandengan tiap sisinya terdapat 6 kelopakmelambangkan keenam program studi yang dimiliki Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Hal ini melambangkan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mempunyai 4 angkatan yang menggerakan roda kehidupan kampus. Kelopak terluar melambangkan angkatan 2016 yang bertanggung jawaab dalam melindungi dan membimbing adik-adiknya menjadi lebih baik. Kelopak 2 dan 3 adalah angkatan 2017 dan 2018, pada kelopaknya terlihat proses menuju kelopak yang mekar masih panjang mengartikan bahwa masih ada yang membimbing dan memberikan arah kemana harus tumbuh. Kelopak terakhir di bagian tengah yang kuncup melambangkanangkatan 2019 yang perlu proses dan pendidikan untuk menuju pemekaran.Pembimbing dan Pelindung angkatan 2019 adalah angkatan 2016, 2017, dan 2018. Kelak kelopak terluar digantikan oleh kelopak baru yang siap membimbing dengan keindahan barunya.

LAMBANG SDFK Unud 2019

ARTI:

1. Dewi berwajah menarik dan ramah dengan pandangan yang tegas melambangkan karakter mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana memiliki daya tarik dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan ramah dan tegas.
2. Terataimerupakan tanaman mulia yang tumbuh di lingkungan berlumpur dengan air yang keruh tetapi tetap tumbuh dan mengapung. Layaknya sebagai tenaga kesehatan yang berada di masyarakat dengan berbagai permasalahan kesehatan yang ada, kita selalu dapat mengatasi dan tumbuh menjadi panutan masyarakat akan pentingnya kesehatan.
3. Tongkat Asclepius melambangkan mahasiswa Fakultas KedokteranUniversitas Udayana yang tangguh, penuh semangat,bertanggung jawab, danberetika. Ular yang melilit layaknya tekad kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dan kedepannya mampu menjadi individu yang profesional.
4. Burung hantu melambangkan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki tatapan fokus pada satu tujuan dan pendengaran baik sehingga banyak mendengar dan dapat berpikir sebelum bertindak layaknya seekor burung hantu.
5. Enam logo Program studiyang terhubung dengan lingkaran tak terputus bermakna tidak perlu adanya perpecahan dan selalu membantu sesama sebagai tenaga kesehatan. Di sekeliling lingkaran terdapat awan yang sebagian terang dan gelap yangmelambangkan suatu keseimbangan. Dalam pembentukan tenaga kesehatan yang baik tidak dipungkiri terdapat hal baik dan buruk yang akan dialami, tetapi melalui pengalaman tersebut mahasiswa akan terbentuk dan mendapatkan suatu pelajaran yang dapat digunakan di masa depan nantinya.