Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi

HMKG

SEJARAH

Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HMKG) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana terbentuk pada tanggal 29 Desember 2013 dan merupakan salah satu organisasi mahasiswa termuda yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Adapun tujuan didirikannya HMKG FK Unud adalah untuk memberikan dan memfasilitasi mahasiswa yang ada di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dalam bidang akademik dan non akademik.

HMKG beserta dengan himpunan mahasiswa yang lainnya yang ada di lingkungan FK Unud secara structural memiliki hubungan garis komando dengan BEM FK Unud, sehingga HMKG memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab dan berkoordinasi terhadap segala bentuk program kerja yang akan dilaksanakan dengan BEM FK Unud.

Pemilihan Ketua HMKG FK Unud dilaksanakan melalui Pemilihan Umum Raya (Pemira) yang dipilih secara langsung oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi. Masa jabatan Ketua HMKG FK Unud adalah selama satu periode (1 tahun) kepengurusan. Pada akhir masa kepengurusannya, Ketua HMKG FK Unud menyampaikan laporan pertanggungjawabannya dalam Musyawarah Mahasiswa (Musma).

 

ARTI LAMBANG

 Lambang HMKG FK Unud berbentuk tongkat Aesculapius dengan daun majemuk yang terletak di sisi kanan dan kiri yang memiliki jumlah total daun 32 buah dan terdapat segitiga pada bagian belakang disertai tulisan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

 

VISI dan MISI

VISI

Visi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi FK Unud adalah sebagai institusi pendidikan kedokteran gigi yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan berbudaya serta mempunyai daya saing ditingkat nasional dan internasional pada tahun 2023.

 

MISI

Misi Umum

Memberdayakan Program Studi Kedokteran Gigi FK Unud sebagai perguruan tinggi yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bernilai budaya.

Misi Khusus

  1. Menjamin Relevance, Academic atmospher, Internal management, Sustainability, Eficiencies (RAISE) pendidikan lewat penyelenggaraan pendidikan Kedokteran Gigi berbasis kompetensi untuk menghasilkan tenaga Dokter Gigi yang profesional, memiliki keunggulan spesifik dan kompetitif dalam mengelola bidang kesehatan, khususnya bidang kesehatan gigi dan mulut.
  2. Menghasilkan tenaga Dokter Gigi yang mampu bekerja sama dalam tim dengan profesi lain terkait baik nasional maupun internasional, untuk melaksanakan pelayanan kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut guna mengembalikan sistem stomatognatik dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan stakeholders dan pengembangan serta penerapan ilmu dan teknologi kedokteran gigi.
  4. Mengerahkan dan mengarahkan potensi yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai kualitas managemen dan organisasi yang profesional, terbuka dan kompetitif.
  5. Mengembangkan dan membina suasana kampus yang kondusif bagi sivitas akademika untuk menghasilkan kinerja yang optimal.

 

VISI dan MISI HMKG :

VISI

Terwujudnya HMKG yang ACHIEVE (Active, Cooperative, Heartfelt, Integrity, Valuable, Efficient)

 

MISI

  1. Membentuk kepengurusan HMKG yang solid, harmonis, dan berintegritas.
  2. Menjadikan HMKG sebagai sarana pemersatu mahasiswa serta sarana pengembangan talenta.
  3. Melaksanakan program yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa serta nengefektifkan program yang sudah ada.

 

PROGRAM KERJA DAN FUNGSI HMKG

 BIDANG PSDM

  1. Upgrading
  2. Seminar Nasional & Hands On Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  3. Pelatihan Penulisan Proposal, PKM, & Skripsi
  4. Magang HMKG
  5. Pelatihan OSCE
  6. Pengembangan Minat Bakat

 

BIDANG KHIK

  1. Kesekretariatan
  2. Humas
  3. Web dan Desain
  4. Mading
  5. Kastrat
  6. Open House

 

BIDANG PENGMAS

  1. World Oral Health Day (WOHD)
  2. Dental Health Promotion and Prevention (DENTIN)
  3. Bakti Sosial Delavida

 

BIDANG KESDANUS

  1. HUT PSPDG Ke-4 (DELAVIDA)
  2. Musyawarah Mahasiswa (Musma)
  3. Bazaar Bersama HM
  4. Pengadaan Alat Kedokteran Gigi
  5. Matur piuning, Matur Suksma, dan Pengda Berkala
  6. Pengadaan ID
  7. Refreshment

 

website : hmkg.fkunud.ac.id