Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Mekanisme penerimaan mahasiswa baru dengan jalur SBMPTN ini berdasarkan hasil tes dari peserta SBMPTN. Hal ini menyebabkan setiap fakultas dan jurusan di perguruan tinggi negeri di Indonesia memiliki standar nilai yang berbeda satu sama lainnya. Oleh karena itu, para peserta SBMPTN harus mempersiapkan diri mereka sebaik dan sedini mungkin untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri yang diinginkannya.

Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sendiri sudah tinggal menghitung hari. Sedangkan masih banyak siswa SMA yang menganggap Ujian Nasional merupakan akhir dari perjuangan mereka tanpa sadar bahwa masih ada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang menanti mereka. Oleh karena itu,  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki inisiatif untuk membantu memfasilitasi persiapan para siswa SMA untuk menghadapi SBMPTN 2017, salah satunya melalui kegiatan Try Out SBMPTN 2017. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para calon mahasiswa untuk dapat mengetahui suasana persaingan SBMPTN serta mempersiapkan diri mereka untuk memasuki perguruan tinggi negeri.

Kegiatan Try Out SBMPTN 2017 yang bertemakan “The More You Learn, The More You Earn” dilaksanakan pada Minggu, 30 April 2017. Kegitan ini telah sukses diadakan di 10 region di Bali dan Nusa Tenggara yaitu Negara, Tabanan, Badung, Denpasar, Gianyar, Klungkung, Bangli, Singaraja, Karangasem, dan Mataram. Pendaftaran TO SBMPTN 2017 ini dibuka sejak bulan April lalu dengan 3 cara yaitu, online, offline dan On The Spot (OTS). Pendaftaran offline dilakukan di Taman Internet FK Unud setiap hari Senin sampai dengan Jumat, pendaftaran online dilakukan dengan mengisi form online yang telah disediakandan transfer uang pendaftaran serta melakukan konfirmasi pembayaran kepada panitia dan pendaftaran OTS dilakukan pada saat hari H di sepuluh region di Bali dan Nusa Tenggara. Berbeda dengan tahun sebelumnya, biaya pendaftaran untuk masing – masing kelompok IPA dan IPS adalah Rp.45.000; dan untuk kelompok IPC Rp.50.000;

Pembuatan soal TO SBMPTN 2017 ini dilakukan oleh panitia TO SBMPTN sendiri khususnya sie ilmiah, yang masing – masing bidang terdiri dari dua paket soal. Dan dalam pembuatannya panitia menggunakan dasar – dasar soal SBMPTN 3 tahun terakhir sehingga dipastikan soal TO SBMPTN 2017 ini sangatlah berkualitas. Suasana dan waktu kegiatan pun dibuat sedemikian rupa bertujuan untuk memberi gambaran pelaksanaan SBMPTN yang sebenarnya. Registrasi dan pembagan snack kepada peserta kelompok tes IPA dan IPC dimulai pukul 06.30 WITA dilakukan didalam ruangan untuk lebih mengefisienkan waktu. Setelah registrasi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan soal tes saintek yang telah disediakan.

Setelah pengerjaan soal tes saintek peserta kelompok IPA dan IPC mendapatkan waktu istirahat selama 1 jam dimana peserta TO SBMPTN kelompok IPA diberikan konsumsi, aqua gelas dan juga diperbolehkan untuk mengunjungi pengda TO SBMPTN yang menjual the poci, nasi ayam geprek dan berbagai snack lainnya. Bersamaan dengan istirahat bagi peserta IPA dan IPC dilakukan registrasi dan pembagian snack kepada peserta kelompok tes IPS. Setelah registrasi dan istirahat selesai, kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan soal TKPA bagi seluruh peserta IPA, IPS dan IPC.

Setelah selesai pengerjaan soal TKPA oleh seluruh peserta TO SBMPTN diadakan Tour de Campus bagi peserta kelompok IPA yang berlokasi tes di Denpasar dan pemutaran Video perkelan FK bagi 9 region lainnya. Sedangkan bagi kelompok IPS dan IPC diberikan waktu untuk ISHOMA selama 1 jam 30 menit dimana diberikan konsumsi, aqua gelas dan juga diperbolehkan untuk mengunjungi pengda TO SBMPTN yang menjual the poci, nasi ayam geprek dan berbagai snack lainnya yang kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan soal tes soshum bagi kelompok IPS dan IPC hingga pukul 16.00 WITA.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini dari awal hingga akhir. Khususnya peserta TO SBMPTN kelompok IPA yang tetap bersemangat mengikuti kegiatan Tour de Campus, ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang masih mengikuti rangkaian kegiatan tersebut hingga selesai. Kegiatan TO SBMPTN 2017 ini juga bekerja sama dengan Sony Sugema College dalam hal pengadaan LJK, pemeriksaan (scanning) LJK serta perekapan nilai hasi TO SBMPTN 2017 sehingga hasil dari TO SBMPTN ini dapat dengan cepat diketahui.

Try Out SBMPTN 2017
Try Out SBMPTN 2017
Try Out SBMPTN merupakan kegiatan BEM FK Universitas Udayana untuk memperkenalkan sekaligus mempersiapkan siswa-siswi SMA untuk menghadapi SBMPTN. Acara ini tidak hanya ditujukan untuk yang mencari FK UNUD, kalian yang mau cari jurusan lain dan...
Read more ?