PRESS RELEASE
AKSI KITA INDONESIA
KELUARGA BESAR UNIVERSITAS UDAYANA

Hidup Mahasiswa Indonesia!
Hidup Rakyat Indonesia!
Denpasar – 9 Mei 2017, bertempat di Depan Cakra Udayana, Kampus Sudirman, Jalan PB Sudirman, Keluarga besar Universitas Udayana menggelar Aksi Kita Indonesia yang diikuti oleh kurang lebih 3000 Mahasiswa Universitas Udayana, ratusan dosen dan pegawai di lingkungan Universitas Udayana, serta dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Udayana, dalam hal ini sebagai pendamping mahasiswa dalam melaksanakan aksi.
Massa aksi mulai berkumpul pukul 14.00-15.00 Wita, aksi ini berlangsung mulai dari pukul 15.05- selesainya di pukul 17.40 WITA. Adapun kegiatan diisi sesuai dengan kesepakatan bersama antara 13 ketua lembaga eksekutif mahasiswa fakultas di lingkungan Universitas Udayana dengan BEM PM selaku panitia pelaksana. Adapun kegiatannya antara lain, pembukaan, aksi teatrikal, monolog, orasi, musikalisasi puisi dan diakhiri dengan pembacaan deklarasi damai aksi Kita Indonesia oleh Presiden BEM PM didampingi Rektor dan Dekan di 13 fakultas di lingkungan Universitas Udayana.
Pembukaan dibawakan oleh korlap aksi yaitu Presiden dan Wakil Presiden BEM PM yaitu I Komang Arta Yasa dan Dewa Putu Wahyu Jati Pradnyana dengan mengajak seluruh massa aksi untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Selanjutnya kegiatan diisi dengan aksi teatrikal oleh fungsionaris BEM PM, lalu monolog dari perwakilan Fakultas Hukum, selanjutnya diisi dengan orasi-orasi dan musikalisasi puisi di sela-sela orasi. Orasi diwakili dari berbagai pihak, seperti orasi ketua lembaga mahasiswa, perwakilan pihak rektorat dan dekanat, Presiden dan Wakil Presiden BEM PM Udayana, Ketua DPM PM Udayana, lalu diakhiri dengan orasi dari Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Ketut Suastika Sp.PD-KEMD sebelum pembacaan deklarasi damai oleh Presiden BEM PM I Komang Arta Yasa.
Deklarasi ini merupakan sikap penolakan Universitas Udayana terhadap segala bentuk paham-paham maupun ideologi yang dapat mengancam keutuhan NKRI yang ingin menggantikan azas tunggal yaitu Pancasila sebagai dasar negara. Deklarasi ini sekaligus sebagai bentuk klarifikasi terhadap surat edaran yang sempat ramai diperbincangkan melalui media sosial line terkait adanya pihak/oknum yang menyebar surat dan mencatut nama BEM PM Universitas Udayana selaku inisiator aksi.
Adapun isi dari deklarasi damai aksi Kita Indonesia yang secara langsung menjadi jawaban atas pemberitaan di beberapa akun di media sosial line, yaitu :

Deklarasi Damai “Kita Indonesia”
Keluarga Besar Universitas Udayana

Atas Anugerah Tuhan Yang Maha Esa, Kami segenap Keluarga Besar Universitas Udayana, dengan ini menyatakan:

  1. Menolak berbagai organisasi dan gerakan-gerakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Kebhinnekaan seperti gerakan radikal, intoleran, dan terorisme berkembang di Indonesia.
  2. Bertekad menjadikan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Undang- undang Dasar Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pedoman kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.
  3. Berjuang mengembangkan nilai-nilai ajaran keagaman yang moderat, toleran, menghargai kemajemukan realitas budaya dan bangsa.
  4. Mendukung pemerintah dalam upaya penegakan hukum dan pembubaran organisasi, pergerakan serta paham-paham radikalisme yang secara nyata bertentangan dengan Empat Konsensus Nasional yaitu Pancasila, UndangUndang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Demikian Deklarasi Damai Keluarga Besar Universitas Udayana, semoga Tuhan senantiasa mengiringi setiap langkah perjuangan kita.

Denpasar, 9 Mei 2017
Atas nama Keluarga Besar Universitas Udayana
Presiden BEM PM Universitas Udayana
(I Komang Arta Yasa)

Siapapun, dimanapun dan kapanpun ada yang ingin menggantikan ideologi Negara Indonesia dan merongrong persatuan dalam bingkai kebhinnekaan ini, disitulah mahasiswa akan menjadi garda terdepan dalam menolak usaha tersebut. Sudah sepantasnya ia yang mengaku sebagai warga negara Indonesia dan bernafas di tanah jamrud khatulistiwa, wajib dan berkewajiban menegakkan NKRI sampai tetes darah penghabisan.
Hidup Rakyat Indonesia!
Hidup Bangsa Indonesia!
NKRI harga mati!
Demikian press release Aksi “Kita Indonesia” oleh segenap Keluarga Besar Universitas Udayana, semoga melalui press release ini, dapat menjadi pertanda kuat bahwa kampus merupakan pusat-pusat kaum terpelajar yang sudah sepantasnya menjadi garda terdepan di dalam menjaga warisan-warisan baik yang diberikan oleh para pendiri bangsa lewat kucuran keringat, air mata, dan darah.
Salam Satu Kesatuan, Kita Indonesia!
“BEM PM Udayana
Kabinet Kita Udayana
Serasi dalam Kontribusi untuk Kita Udayana”
TTD,
I Komang Arta Yasa
Presiden BEM PM Universitas Udayana 2017

 

S_6058959349625 S_6059068715551 IMG_8427