S__9175113

BKFK merupakan singkatan dari Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran yang tahun ini sudah mencapai usia yang ke – 55. BKFK ini bukan semata – mata merupakan ajang perayaan HUT Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, melainkan juga sebagai wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan soft skill sebelum terjun ke masyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan juga agar mahasiswa mampu berinteraksi dan bekerjasama serta membina hubungan kekeluargaan bukan hanya dengan seluruh civitas akademika, melainkan juga keluarga besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK) Universitas Udayana yang ke-55 menyelenggarakan acara dalam bentuk rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 4 Februari sampai dengan puncaknya tanggal 3-5 Maret 2017. Berikut merupakan rangkaian kegiatannya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) (rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2017)

1. Kunjungan sesepuh

Kunjungan sesepuh dilakukan pada :

  • Hari, tanggal          : 3, 21, 23 Februari 2017
  • Tempat                 : Rumah Masing-masing sesepuh
  • Waktu                  :15.00-selesai

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia sie pengabdian masyarakat dimana dalam acara ini seluruh pihak baik dari panitia maupun dekanat mengunjungi beberapa kediaman mantan orang – orang yang pernah menjabat di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, baik itu sebagai dekan, pembantu dekan dan rektor dari Universitas Udayana yang memang sebagian besar berasal dari Fakultas Kedokteran. Sesepuh yang ditunjuk sudah ditentukan oleh pihak dekanat dan disetujui oleh Dekan Fakultas Kedokteran.

2. Kunjungan sosial

Kunjungan sosial dilakukan pada:

  • Hari, tanggal        : Selasa, 4 Februari 2017
  • Tempat               : Panti Asuhan Tunas Bangsa
  • Waktu                : 15.00-selesai

Kunjungan sosial diadakan di Panti Asuhan Tunas Bangsa. Kegiatan kunjungan tersebut berlangsung selama 1 harI. Rangkaian acara yang dilaksanakan saat kunjungan sosial yaitu interaksi dengan warga panti berupa makan bersama, interaksi melalui permainan dan penyerahan sumbangan kepada pihak panti asuhan.

3. Penyuluhan & Pelayanan Kesehatan

  • Hari, tanggal        : Sabtu, 25 Februari 2017 dan Minggu, 26 Februari 2017
  • Tempat               : Desa Petang, Kabupaten Badung
  • Waktu                 : 08.00- Selesai

Kegiatan ini dimulai pada hari sabtu pagi dimulai dengan penyuluhan di SDN 1 Petang. Materi penyuluhan di SD ini adalah cara menggosok gigi yang baik dan benar untuk kelas 1-2, kesehatan gizi untuk kelas 3-4 dan sex education untuk kelas 5-6. Selain pemberian materi, panitia & volunteer juga mengadakan games untuk saling merasakan kebersamaan dan kekeluargaan. Pada hari minggu, diadakan kegiatan pelayanan kesehatan bertempat di banjar Petang, kegiatan ini dimulai dengan warga melakukan registrasi awal sebagai pendaftaran, dimana nanti akan dicatat identitas warga, setelah itu warga akan dipanggil satu persatu sesuai urutan daftar hadir, untuk dicek tensi, denyut nadi, berat badan, dll. Kemudian akan dicatat keluhan utama, baru kemudian dilanjutkan ke bagian – bagian untuk pemeriksaan. Apabila warga diberikan resep obat oleh dokter, warga segera menuju ke pos obat, dan panitia yang bertugas akan memberikan obat tersebut. Setelah menerima obat warga dipersilahkan pulang.

4. Donor darah

  • Hari, tanggal      : Minggu, 5 Maret 2017
  • Tempat               : Taman Internet Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Waktu                 : 08.00- 12.00

Donor darah ini bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah RS Sanglah dengan total peserta sekitar 100 orang. Kegiatan berjalan dengan lancar. Secara umum kegiatan sangat baik, konsumsi juga terpenuhi bagi peserta yang ingin mendonorkan darahnya.

 

Kegiatan Ekstern BKFK 55

1. Seminar Ilmiah

  • Hari, tanggal      : Sabtu, 25 Februari 2017
  • Tempat               : Gedung Barat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Jl.  PB Sudirman, Denpasar

Seminar ilmiah ini mengambil tema “Hypnotherapy in Medical Perspective“. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana FK Unud. Seminar ini dihadiri oleh bebagai institusi. Undangan mulai dari instansi kesehatan, dokter spesialis, sokter umum, mahasiswa. Kegiatan dimulai pada pukul 8 pagi dan berjalan lancar. Adapun pembicaranya adalah :

  1. Ketut Putra Sedana, SpOG
  2. Caecilia Nirlaksita Rini, S.Psi, M.Si, Psikolog

 

Kegiatan Intern BKFK 55

1. Inaugurasi

  • Hari, tanggal        : Februari 2017
  • Tempat                : Gedung Barat Fakultas Kedokteran Universitas  Udayana, Jl. PB Sudirman, Denpasar

2. Lomba Penjor

  • Hari, tanggal  : Selasa, 28 Februari 2017
  • Tempat         : Gedung Barat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Jl. PB Sudirman, Denpasar
  • Waktu           : 15.00 WITA – selesai

Lomba Penjor diadakan untuk mahasiswa dan pegawai yang bertujuan unutk melestarikan budaya bali dan juga sebagai penghias di acara BKFK.

 

Acara Puncak (hari I)

  • Hari, tanggal : Jumat, 3 Maret 2017
  • Tempat         : Area Kampus Sudirman

Kegiatan        :

  1. Lomba Intern I dan Hiburan

Hari pertama puncak BKFK diisi dengan lomba – lomba dan hiburan. Adapun lomba – lombanya adalah Lari Bakiyak, Lomba Joged Balon, Lomba Gebogan Bunga, Makan Kerupuk, Tarik tambang, lomba lawar, dan lomba stand angkatan. Selain lomba tersebut juga dimeriahkan dengan hiburan berupa senam gemufamire yang diikuti oleh pegawai, dosen dan mahasiswa.

  • Senam gemufamire

Kegiatan hari pertama diawali dengan senam gemufamire yang diadakan di depan patung ganesha pada pukul 8 pagi. Kegiatan ini diikuti oleh dosen, pegawai dan mahasiswa yang berlangsung dengan meriah.

  • Lari Bakiyak

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba Lari bakiyak yang dilakukan per tim dengan jumlah masing-masing tim adalah 3 orang. Panjang lintasan sebanyak 15-20 meter dan bolak-balik. 1 Ronde games diikuti oleh 3 tim yang bertanding.

  • Lomba joget balon

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba joget balon dimana Lomba ini diikuti oleh 2 orang setiap tim, dimana cara bermainnya adalah membawa balon ke titik finish dengan ditempelkan ke punggung masing-masing peserta

  • Lomba gebogan bunga (cane)

Lomba gebogan diadakan di kantin, yang dinilai dari lomba ini pada kerapian hasil akhir, kreatifitas, kebersihan tempat pekerjaan

  • Makan kerupuk

Dilakukan didalam tim, 1 tim terdiri dari 5 orang, tiap orang akan melakukan 1 gigitan secara bergantian dengan anggota timnya hingga kerupuk habis.

  • Tarik tambang

Tarik tambang diadakan di parker timur, akan diberikan tanda pada tali dan tanah untuk menentukan siapa pemenang nya.

  • Lomba lawar

Lomba lawar diperuntukan untuk pegawai, dosen dan mahasiswa dimana terdapat kategori pegawai & dosen serta kategori untuk mahasiswa

  • Lomba stand angkatan

Hal yang dinilai dari lomba ini adalah kreativitas dalam menghias stand, dan hasil akhir

 

  1. Opening Ceremony BKFK 55

Pembukaan diawali dengan marching band yang selanjutnya diikuti tarian pembukaan, Pembacaan doa, Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang diselingi oleh penampilan video tentang Fakultas Kedokteran, Pembukaan diresmikan oleh dekan yang ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus dilepaskan balon

 

Acara Puncak Malam (hari I)

  • Hari, tanggal           : Jumat, 3 Maret 2017
  • Tempat                   : Area Kampus Sudirman

Kegiatan                 :

  1. Malam Apresiasi

Acara Malam Apresiasi 2017 mendapat respon sangat positif dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, terbukti dengan jumlah peserta tahun ini sebanyak 59 peserta, baik yang mendapat prestasi dari tingkat kabupaten sampai internasional. Malam Apresiasi dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tepatnya di depan patung ganesha. Peserta Malam apresiasi dipanggil secara bergantian ke atas panggung untuk menerima hadiah berupa piagam, topi beserta voucher yang telah disediakan oleh panitia. Voucher tersebut nantinya dapat ditukarkan di stand – stand yang ada saat acara BKFK.

  1. BKFK 55 Music Festival

Penampilan atraksi dan hiburan oleh mahasiswa ataupun alumni FK Unud

  1. Stand Sponsor

Stand sponsor dihadiri dari berbagai sponsor – sponsor yang membantu kegiatan BKFK baik berupa dana maupun barang. Stand sponsor juga menjajakan berbagai makanan, alat kesehatan, pakaian, dll.

 

Acara Puncak Pagi (hari II)

  • Hari, tanggal           : Sabtu, 4 Maret 2017
  • Tempat                   : Area Kampus Sudirman

Kegiatan                 :

  1. Seminar Paralel

Kegiatan acara puncak hari kedua diawali dengan seminar parallel yang diadakan di Ruang Kuliah 4.01, 4.02 dan Ruang siding Gedung Barat FK Unud. Terdapat 3 seminar yang berlangsung bersamaan dimana seminar pertama membahas tentang spiritual, seminar kedua membahas bedah buku, seminar ketiga membahas tentang beasiswa yang diberikan oleh Kaplan. Kegiatan dimulai pada pukul 9 pagi yang berjalan lancar

  1. Lomba Intern II

Lomba ini diadakan dengan estafet ceria. Lomba estafet ceria terdiri dari beberapa games yang dirangkai menjadi satu kesatuan dimana terdapat dua ronde, jika tim yang bisa melewati ronde pertama akan bisa melanjutkan ke ronde kedua dengan memenangkan ronde pertama mengalahkan tim lain

  1. Temu Alumni

Kegiatan ini diadakan untuk memperat tali persaudaraan antar angkatan dan juga seluruh civitas akademika FK Unud. Kegiatan ini diisi dengan hiburan dari masing – masing angkatan, kegiatan berlangsung lancar dan meriah

  1. Stand Angkatan

Hari kedua juga diadakan stand angkatan dimana stand ini bertujuan untuk memperkenalkan angkatan dengan warga FK Unud dan juga mempererat persahabatan dan solidaritas intern angkatan. Stand ini menjajakan aneka makanan dengan variasi harga

  1. Stand Sponsor

Stand sponsor dihadiri dari berbagai sponsor – sponsor yang membantu kegiatan BKFK baik berupa dana maupun barang. Stand sponsor juga menjajakan berbagai makanan, alat kesehatan, pakaian, dll.

 

Acara Puncak Malam (hari II)

  • Hari, tanggal           : Sabtu, 4 Maret 2017
  • Tempat                   : Area Kampus Sudirman

Kegiatan                 :

  1. Stand Angkatan

Hari kedua juga diadakan stand angkatan dimana stand ini bertujuan untuk memperkenalkan angkatan dengan warga FK Unud dan juga mempererat persahabatan dan solidaritas intern angkatan. Stand ini menjajakan aneka makanan dengan variasi harga

  1. Konser Amal

Kegiatan ini dimulai pada pukul 5 sore sampai 10 malam bertempat di Panggung Depan Patung Ganesha. Konser ini dihadiri oleh berbagai band – band yang menghibur. Konser amal bertujuan sebagai wadah untuk intern fk menunjukan bakat yang dimiliki, selain sebagai ajang hiburan dimana konser ini juga menerima bantuan dana ataupun barang-barang yang akan disumbangkan kepada instansi ataupun perseorangan yang membutuhkan di daerah Denpasar maupun sekitarnya

  1. Stand Sponsor

Stand sponsor dihadiri dari berbagai sponsor – sponsor yang membantu kegiatan BKFK baik berupa dana maupun barang. Stand sponsor juga menjajakan berbagai makanan, alat kesehatan, pakaian, dll.

 

Acara Puncak Pagi (hari III)

  • Hari, tanggal           : Minggu, 5 Maret 2017
  • Tempat                   : Area Kampus Sudirman

Kegiatan                 :

  1. Jalan santai

Jalan santai dilaksanakandimulai pada pukul 07.00 WITA sampai selesai dengan rute kampus FK Unud, Jalan P.B. Sudirman, Waturenggong, Tukad Yeh Aya, Tukad Gangga, Arah kampus FK Unud

  1. Perayaan ulang tahun

Perayaan BKFK 55 ditandai dengan tarian pembukaan yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh rector yang diberikan kepada dekan FK Unud. Selanjutnya ada pemberian award dari pihak dekanat

  1. Pembagian doorprize

Setelah rangkaian jalan santai selesai, dilanjutkan dengan pembagian dooprize. Pembagian doorprize yang diselingi dengan tari cendrawasih, topeng monyer manis dan ditutup dengan penampilan bondres

  1. Stand angkatan

Hari ketiga juga diadakan stand angkatan dimana stand ini bertujuan untuk memperkenalkan angkatan dengan warga FK Unud dan juga mempererat persahabatan dan solidaritas intern angkatan. Stand ini menjajakan aneka makanan dengan variasi harga

  1. Stand sponsor

Stand sponsor dihadiri dari berbagai sponsor – sponsor yang membantu kegiatan BKFK baik berupa dana maupun barang. Stand sponsor juga menjajakan berbagai makanan, alat kesehatan, pakaian, dll.

  1. Hiburan

Hiburan diadakan di panggung pada pukul 09.30 demeriahkan oleh Bondres Inovatif Sanggar Celkontong yang menghibur peserta dan panitia BKFK, selain itu di acara ini juga terdapat nyanyi dan senam bersama seluruh peserta BKFK. Hiburan diikuti oleh alumni-alumni FK Unud, kegiatan ini berupa karaoke, band, dan tarian tarian.